Seringkali kita merasa terjebak
dalam banyak kesibukan setiap harinya. Tidak sedikit orang yang merasa mudah
membagi waktunya. Aku pun demikian. Salah seorang yang cukup kesulitan dalam
mengelolah perkara waktu. Kadang waktu 24 jam terasa tidak cukup untuk melakukan
banyak hal.
Saat tugas-tugas kuliah membuat waktu tidurku terkikis atau makan
tidak teratur maka aku sadar, itu terjadi murni karena kesalahanku yang tidak cukup
pintar membagi waktu. Belum lagi jika sudah terlanjur nyaman melakukan sesuatu
seringkali membuatku lupa bahwa masih banyak hal lain yang harus kukerjakan. Kadang,
melahap sebuah novel atau menonton drama trasa begitu mengasyikkan hingga membuatku
enggan berpaling. Dan kegiatan yang lain pun akan terbengkala atau hanya akan menjadi
sebatas rencana saja.
Karena tidak ingin terus menerus seperti itu maka aku pun mewajibkan
diri membuat list prioritas tiap harinya. Dalam sehari aku menetapkan dan
menuliskan minimal tiga sampai lima hal yang betul-betul harus ku utamakan
dibanding yang lainnya. Dan jika sudah menentukan beberapa prioritas aku kemudian
melengkapinya dengan alarm khusus untuk waktu intensif mengerjakan prioritas
tersebut.
Jika waktunya tiba maka aku harus berhenti dari kegiatanku saat
itu juga dan mulai beralih melaksanakn prioritasku. Dan setelah itu aku akan berusaha
untuk tidak berhenti hingga prioritas tersebut berul-betul tuntas. Begitulah
sistem yang saat ini berusaha kuterapkan untuk lebih mendisiplingkan diri soal
waktu sekaligus menimalisir aku yang rawan korupsi waktu.
Perihal waktu kita bisa menjadi orang yang beruntung atau justru menjadi orang yang merugi. Maka sudah seharusnyalah kita lebih cerdas lagi soal
waktu. Dan salah satu solusinya adalah dengan membuat sebuah prioritas.
“No
one is always busy. It just depens on what number you are on their priority
list”.
So, tentukanlah Prioritasmu, fokus dan konsistenlah!!