Wednesday 24 August 2022

Day #24 Maaf Terbaik

Hal yang membuatku merasa sulit memaafkan diriku sendiri dan bagaimana caraku untuk bisa menerima diriku dengan kesalahan ini.

Kadang, aku tak betul-betul belajar dari kesalah. Jika melihat ke belakang, ternyata ada beberapa kekeliruan yang kulakukan berulang. Aku menyesali sesuatu untuk kemudian kembali dengan penyesalan yang sama. 

Aku membuat pilihan salah berkali kali. Aku membuat orang lain terluka dengan cara yang sama. Aku mengutuk diriku yang begitu payah menyikapi kesalahan dengan lebih baik. Semuanya membuatku cenderung tidak bisa menghargai diriku sendiri. 

Aku sadar, aku salah—tapi memaafkan diriku bukan hal mudah ternyata. Aku masih belajar, lebih sayang kepada diri sendiri dengan menerima bahwa seluruh kekurangan itu manusiawi, tidak ada orang yang bisa benar-benar sempurna dalam segala hal. 

Merasa sangat buruk adalah bentuk lain penghancuran dan tidak menghargai diri sendiri.

Maka aku akan berusaha untuk belajar lebih terbuka dan jujur dengan diri sendiri; tentang seluruh khilaf yang butuh dimaafkan. Jika memaafkan orang lain tidak sulit, mengapa aku harus mati-matian memaafkan diriku sendiri? 

Maros, 9:38 pm