Friday 12 August 2022

Day #12 Syukurku kepada-Mu

Aku sangat bersyukur atas kesempatan hidup yang telah Allah berikan untukku, maka sebagai bentuk syukurku aku akan ….

Aku akan lebih rajin bilang Alhamdulillah. Seperti kata ustaz Khalid di salah satu ceramahnya, hamdalah: Alhamdulillah adalah sebagai bentuk syukur yang harus dibiasakan. Tidak hanya sehabis makan saja, tapi setiap saat. Karena di setiap hembusan nafas kita ada nikmat-Nya yang tak terhitung, yang selalu luput dari kesyukuran.  

Aku sangat bersyukur atas kesempatan hidup yang telah Allah berikan untukku, maka sebagai bentuk syukurku aku akan memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Dengan berusaha memaksimalkan ibadah-ibadah harian seperti yang kembali mulai kulakukan di bulan ini: menyusun daftar daily habits dari bangun tidur hingga terlelap yang akan kuberi ceklis jika kukerjakan. Aku ingin berkomitmen dengan diriku sendiri untuk menjaga beberapa ibadah sunnah sebagai amalan andalan. Dan aku sadar, tidak akan terlalu sulit untukku karena memang sudah biasa dengan hal seperti ini, tugas selanjutnya yang perlu kulakukan sisa meninjau kembali kualitasnya dan menambah beberap habit baru, termasuk setiap malam eveluasi. Tidak sukar tapi tidak mudah juga. Sebuah tantangan sekaligus usaha untuk mensyukuri kehidupan.

Alhamdulillah, aku merasa sangat beruntung karena tidak semua orang akan mudah melakukan apa yang kuupayakan. Aku benar-benar bersyukur untuk kemudahan dalam menjalaninya. Barangkali ini tidak lepas dari privilege-ku, memiliki keluarga yang sangat islami yang sejak kecil diberi pemahaman, agar segala hal orientasinya untuk akhirat. Sesuatu yang baru kurasakan betapa berharganya memiliki lingkungan baik selepas hampir sewindu hidup di Makassar, tenggelam dalam lingkungan yang tidak lagi sekondusif tempatku dulu bertumbuh. Betul-betul nikmat-Nya bermacam-macam, rezekinya teramat luas untuk pandangan manusia yang sempit.

Sebagai bentuk syukurku yang lain, (untuk sekian nikmat yang kadang lupa kusyukuri karena terlalu banyak keluhan) aku membuat gratitude jar yang berisi hal-hal baik yang terjadi ataupun momen-momen tertentu yang membuatku terharu, teringat kembali akan kasih sayang-Nya. Jika sedang tidak baik-baik saja aku akan membacanya. Semacam obat penawar juga pengingatku, bahwa masih ada banyak sekali kebaikan yang Dia berikan, syukuri semua itu, jangan sampai kufur! 

—Makassar, 5:59 pm