Wednesday 17 August 2022

Day #15 Alhamdulillah, For Everything

Lima hal yang aku syukuri hari ini.

1. Alhamdulillah, aku masih bangun tepat waktu, dalam keadaan sehat dan sudah memiliki rencana—akan melakukan apa seharian.

2. Alhamdulillah, aku masih bisa puasa sunnah Senin, salah satu habit zaman santri yang kembali kuusahakan.

3. Alhamdulillah, aku masih memiliki teman-teman baik yang peduli—salah seseorang tiba-tiba mengirimiku pesan menanyakan kabar setelah kemarin aku absen dari majelis tarbiyah.

4. Alhamdulillah, masih diberi kemudahan untuk akses belajar: dari nonton di YouTube, membaca newsletter dari penulis-penulis luar, hingga membaca buku-buku self improvement.  

5. Alhamdulillah, aku masih bisa melakukan hal-hal yang kusenangi: membaca buku, menulis diary dan melanjutkan writing for healing ini, yang ternyata sudah hari ke lima belas. 

Bersyukur memang melegakan dan lebih membantu kita untuk menghayati nikmat-Nya. Bahwa ada hal-hal yang bagi kita, mungkin mudah saja diperoleh hingga cenderung membuat kita lupa bersyukur dalam-dalam. Seperti nikmat kesehatan, nafas yang tiap hari kita hirup, keamanan yang kita rasa, dan mungkin kemudahan akses informasi yang paling kita nikmati dan butuhkan. Semuanya harus disyukuri, tentu agar nikmat-Nya ditambah. 

—Makassar, 7:10 pm